PERKEMBANGAN VIRTUAL REALITY
sumber: http://www.kompasiana.com/ricky.s. guntur/teknologi-virtual-reality-hadir-dalam-d unia-gaming_54f968eea3331190558b4576 |
Virtual Reality (VR) menurut
Wikipedia Bahasa
Indonesia, ensiklopedia bebas, adalah teknologi yang
membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan
oleh komputer (computersimulated
environment), suatu lingkungan sebenarnya yang
ditiru atau benar – benar suatu lingkungan
yang hanya ada dalam imajinasi.
Lingkungan tersebut, umumnya menyajikan
pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui
sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan
informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.
Bebicara mengenai sebuah
perkembangan tak lengkap rasanya bila kita tidak mengetahui dasar atau awal
mula penciptaan dari virtual reality
terlebih dahulu.
Sejarah VR
sumber: http://www.mortonheilig.com/
InventorVR.html
|
Virtual Reality (VR) pertamakali dikonsepkan oleh seorang sinematografer bernama Morton Heilig dalam tulisannya “Experience Theatre” pada tahun 1950-an.
Dalam tulisannya tersebut dijelaskan
tentang sebuah alat yang mampu memberikan pengalaman meliputi semua
indera dengan suatu cara efektif, sehingga menarik penonton ke dalam kegiatan
di layar. Kemudian dari konsep tersebut, pada tahun 1962 Ia membangun sebuah prototype dan diberi nama Sensorama. Namun Sensorama bukanlah cikal bakal yang sesungguhnya dari Virtual Reality. Sebuah alat yang disebut – sebut sebagai Virtual Reality pertama dibuat pada
tahun 1968 oleh Ivan Sutherland seorang
ilmuan computer bersama muridnya Bob
Sproull. Kemudian dari tahun – ketahun sejak pembuatan VR pertama para produsen game dan perusahaan – perusahaan yang
bergerak dalam bidang teknologi lainnya mulai melirik VR sebagai salah satu prospek yang menjanjikan dimasa mendatang.
Perkembangan VR
sumber: http://forum.prisonplanet.com/index.php?topic=231548.0 |
Melihat dari banyaknya manfaat
yang diberikan dengan adanya VR, tidak
hannya dalam dunia game namun juga di berbagai bidang lainnya seperti
pendidikan, pengobatan, pariwisata, dan lain sebagainya, tak heran bila banyak produsen
teknologi berlomba – lomba untuk membuat, mengembangkan, dan memberikan inovasi
– inovasi baru berkaitan VR ini.
Sebut saja PlayStation, Apple, Samsung, dan banyak industry – industry kawakan yang
berbasis teknologi saling bersaing berrebut pasar dengan inovasi mereka.
Berdasarkan fakta yang ada,
hingga tahun 2016 sudah banyak produk – produk VR dirilis. Namun di tahun 2016 ini akan menjadi tahun yang begitu
ramai akan persaingan para raksasa teknologi, pasalnya banyak produk – produk
baru VR akan dirilis di tahun ini. Inilah
awal dari Era Virtual Reality, bahkan popularitas VR akan mengalahkan pasar TV
pada tahun 2025 jika dilihat dari perkembangan VR yang semakin menanjak, menurut Godlman Sach, seorang firma
perbankan.
Sekilas daftar produk yang pasti
akan diluncurkan sepanjang tahun 2016 ini
- Oculus Rift and Touch
- HTC Vive
- Sony Playstation VR
- Microsoft HoloLens
- Samsung Gear VR
- sumber
No comments:
Post a Comment