Thursday, November 3, 2016

Perkembangan Virtual Reality

PERKEMBANGAN VIRTUAL REALITY

sumber: http://www.kompasiana.com/ricky.s.
guntur/teknologi-virtual-reality-hadir-dalam-d
unia-gaming_54f968eea3331190558b4576
   Virtual Reality (VR) menurut Wikipedia Bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas, adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computersimulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi. Lingkungan tersebut, umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone.
Bebicara mengenai sebuah perkembangan tak lengkap rasanya bila kita tidak mengetahui dasar atau awal mula penciptaan dari virtual reality terlebih dahulu.

Sejarah VR

sumber: http://www.mortonheilig.com/

InventorVR.html
Virtual Reality (VR) pertamakali dikonsepkan oleh seorang sinematografer bernama Morton Heilig dalam tulisannya “Experience Theatre” pada tahun 1950-an. Dalam tulisannya tersebut dijelaskan  tentang sebuah alat yang mampu memberikan pengalaman meliputi semua indera dengan suatu cara efektif, sehingga menarik penonton ke dalam kegiatan di layar. Kemudian dari konsep tersebut, pada tahun 1962 Ia membangun sebuah prototype dan diberi nama Sensorama. Namun Sensorama bukanlah cikal bakal yang  sesungguhnya dari Virtual Reality. Sebuah alat yang disebut – sebut sebagai Virtual Reality pertama dibuat pada tahun 1968 oleh Ivan Sutherland seorang ilmuan computer bersama muridnya Bob Sproull. Kemudian dari tahun – ketahun sejak pembuatan VR pertama para produsen game dan perusahaan – perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi lainnya mulai melirik VR sebagai salah satu prospek yang menjanjikan dimasa mendatang.

Perkembangan VR
   
sumber: http://forum.prisonplanet.com/index.php?topic=231548.0
Melihat dari banyaknya manfaat yang diberikan dengan adanya VR, tidak hannya dalam dunia game namun juga di berbagai bidang lainnya seperti pendidikan, pengobatan, pariwisata, dan lain sebagainya, tak heran bila banyak produsen teknologi berlomba – lomba untuk membuat, mengembangkan, dan memberikan inovasi – inovasi baru berkaitan VR ini. Sebut saja PlayStation, Apple, Samsung, dan banyak industry – industry kawakan yang berbasis teknologi saling bersaing berrebut pasar dengan inovasi mereka.

Berdasarkan fakta yang ada, hingga tahun 2016 sudah banyak produk – produk VR dirilis. Namun di tahun 2016 ini akan menjadi tahun yang begitu ramai akan persaingan para raksasa teknologi, pasalnya banyak produk – produk baru VR akan dirilis di tahun ini. Inilah awal dari Era Virtual Reality, bahkan popularitas VR akan mengalahkan pasar TV pada tahun 2025 jika dilihat dari perkembangan VR yang semakin menanjak, menurut Godlman Sach, seorang firma perbankan.
Sekilas daftar produk yang pasti akan diluncurkan sepanjang tahun 2016 ini
  • Oculus Rift and Touch
  • HTC Vive
  • Sony Playstation VR
  • Microsoft HoloLens
  • Samsung Gear VR
  • sumber 

No comments:

Post a Comment